Alfatihah Dan Tauhid

Bismillahir Rahmnir Rahiim

Tauhid itu ada dua macam:

1. Tauhid dalam ilmu dan keyakinan.

2. Tauhid dalam kehendak dan tujuan.

Yang pertama disebut tauhid ilmu karena keterkaitannya dengan pengabaran dan pengetahuan. Tauhid kedua yang disebut tauhid kehendak dan tujuan, dibagi menjadi dua macam: Tauhid dalam Rububiyah dan tauhid dalam Uluhiyah.

Tauhid ilmu berkisar pada penetapan sifat-sifat kesempurnaan,penafian penyerupaan, peniadaan aib dan kekurangan. Hal ini bisa diketahui secara global maupun secara terinci. Secara global dapat dikatakan, “Penetapan pujian hanya bagi Allah”. Adapun secara terinci dapat dikatakan, “Penyebutan sifat Uluhiyah, Rububiyah, rahmah dan kekuasaan.Empat sifat ini merupakan pusaran asma’ dan sifat.”

Pujian di sini berarti pujian terhadap Dzat yang dipuji dengan menyebutkan sifat-sifat kesempurnaan dan keagungan-Nya, disertai kecintaan,ridha dan ketundukan kepada-Nya. Seseorang tidak bisa disebut orang yang memuji jika dia mengingkari sifat-sifat yang dipuji, tidak mencintai, tidak tunduk dan ridha kepadanya. Jika sifat-sifat kesempurnaan yang dipuji lebih banyak, maka pujian pun semakin sempurna. Begitu pula sebaliknya. Karena itu segala pujian hanya tertuju kepada Allah karena kesempurnaan dan banyaknya sifat-sifat yang dimiliki-Nya,yang selain Allah tidak mampu menghitungnya. Karena itu pula Allah mencela sesembahan orang-orang kafir dengan meniadakan sifat-sifat kesempurnaan darinya. Allah mencelanya sebagai sesuatu yang tidak bisa mendengar, melihat, berbicara, memberi petunjuk, mendatangkan manfaat dan mudharat. Maka Allah menjelaskan hal ini seperti dalam perkataan Ibrahim Al-Khalil,

“Wahai bapakku, mengapa kamu menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak Melihat dan tidak dapat menolongmu sedikitpun?”(Maryam: 42).

Andaikata sesembahan Ibrahim seperti sesembahan bapaknya, Azar,tentu bapaknya akan menjawab, “Toh sesembahanmu seperti itu pula. Maka buat apa kamu mengingkari aku?” Sekalipun begitu sebenarnya Azar juga tahu siapa Allah, sama seperti orang-orang kafir Quraisy yang tahu siapa Allah, tapi mereka menyekutukan-Nya. Begitu pula kaum Musa. Firman Allah,

“Dan kaum Musa, setelah kepergian Musa ke gunung Thur membuat dari perhiasan-perhiasan (emas) mereka anak lembu yang bertubuh dan bersuara. Apakah mereka tidak mengetahui bahwa anak lembu itu tidak dapat berbicara dengan mereka dan tidak dapat (pula) menunjukkan jalan kepada mereka? Mereka menjadikannya (sebagai sesembahan) dan mereka adalah orang-orang yang zhalim.” (Al-A’raf: 148).

Jika ada yang berkata, “Bukankah Allah tidak bisa berbicara dengan hamba-Nya?” Maka dapat dijawab sebagai berikut: Allah berbicara dengan hamba-hamba-Nya. Di antara mereka ada yang diajak berbicara dengan Allah dari balik hijab, yang lain ada yang tanpa perantara, seperti Musa,ada yang berbicara dengan Allah lewat perantara malaikat yang diutus, yaitu para nabi dan rasul, dan Allah berbicara dengan seluruh manusia lewat para rasul-Nya. Allah menurunkan firman-Nya kepada mereka yang disampaikan para rasul, “Ini adalah firman Allah dan Dia memerintahkan agar kami menyampaikannya kepada kalian.” Berangkat dari sinilah orang orang salaf berkata, “Siapa mengingkari keadaan Allah yang dapat berbicara,berarti dia mengingkari risalah para rasul.” Begitu pula kaitannya dengan sifat-sifat Allah selainnya.

Dari sini dapat diketahui bahwa hakikat pujian mengikuti ketetapan sifat-sifat kesempurnaan, dan penafian hakikat pujian ini juga mengikuti penafian sifat-sifat kesempurnaan.


One thought on “Alfatihah Dan Tauhid

  1. Bicara buat hamba yang berduka cita dengan imbalan syurga, buat hamba yang lalai sebagai peringatan dan ancaman, buat hamba yang sentiasa mengingatiNya sambil berharap kepada hidayahNya dan buat hamba-hamba yang semakin kurang amal ibadah agar menambahkan lagi ibadah yang sedikit itu.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s