Syaikh ‘Uzzaz bin Mustaudhi Al-Bathaihi

Bismillahir Rahiimnir Rahiim

Beliau adalah salah seorang ulama besar Iraq. Kepada beliau diserahkan pendidikan para murid di Bathaih. Para ulama banyak yang belajar kepada beliau . berkat persahabatan dengan beliau (berkat kehendak beliau) terlahir banyak wali. Para ulama juga memberikan konsensus untuk menghormati dan memuliakan beliau dan beliau menjadi tujuan ziarah dari berbagai belahan dunia.

Beliau dikenal sebagai seseorang yang bersifat baik,  dan selalu mengikuti hukum syar’i atau sunah. Beliau bagaikan manifestasi dari hukum Allah karena seringnya beliau melakukan mujahadah, muraqabah dan berpegang teguh kepada ajaran salaf  baik secara tersembunyi maupun terag-terangan. Diantara perkataan beliau adalah :

“Roh menjadi lembut dengan kerinduan sehingga dapat bergantung dengan akhir musyahadah ketika menerima hakikat dan hanya Allah yang dilihatnya.”

“Aku yakin bahwa sesuatu yang hadits / baru tidak akan dapat mengetahui sesuatu yang qadim / dahulu dengan hukum sebab akibat. Sifat Al-Haq harus dicapai”.

“Kalbu para pecinta terbang kepada Al-Haq dengan sayap ma’rifah berjalan mengikuti kecintaan dan tercerabut dengan sinar ke-Maha SucianNya kepada sinar Ke-IntimanNya”.

“Kalbu yang sehat adalah kalbu yang mengisyaratkan kepada loyalitas dari bawahnya, kesucian dari atasnya, kemurahan dari samping kanannya, pengharapan dari samping kirinya, pertemuan di depan dan kebaqaan dari belakang”.

Diriwayatkan bahwa bangsa jin bercakap-cakap dengan beliau dan singa menjadi jinak. Syaikh Abdul Lathif berkata, “Suatu ketika Syaikh Uzzaz lewat di tengah pohon-pohon kurma. Terbetik dalam hati beliau untuk makan buah kurma. Seketika itu pula pohon kurma merunduk dan sang Syaikh makan darinya. Setelah selesai pohon tersebut kembali seperti semula.”

Pelayannya Syaikh Abul Mu’ammar Isma’il AL-Washithi meriwayatkan bahwa dirinya pernah mendengar Syaikh Uzzaz berkata, “Ketika baru mencapai puncak spiritual, aku tenggelam dalam kondisi tersebut selama 40 hari tanpa makan dan minum serta tidak dapat membedakan dua hal yang berbeda. Setelah itu perasaanku kembali dan aku menahan nafsuku selama 17 hari lainnya. Setelah itu aku kembali ke hukum kenormalan. Saat itu jasadku sangat menginginkan dua roti gandum hangat, ikan panggang dan air segar dalam tempat air dari besi merah yang baru. Dan saat itu aku berada di tepi laut.

Kemudian aku melihat tiga benda bergerak dari dalam laut dan mendekat kepadaku. Ternyata ketiga benda tersebut adalah tiga ekor ikan besar. Di punggung ekor pertama terdapat dua potong roti , di punggung yang lain terdapat ikan panggang, dan di punggung yang terakhir terdapat tempat air dari besi merah.

Setelah ditampar ombak ke kiri dan ke kanan, ketiga ikan tersebut sampai dan meletakkan semua itu di hadapanku seperti manusia memberi sesuatu kepada manusia yang lain dan kembali ke laut. Akupun menyantap makanan tersebut dan ternyata roti yang diberikannya terbuat dari birr (gandum putih) dan ketika aku minum air yang mereka berikan, aku merasakan kesegaran yang belum pernah aku temui dalam air manapun di dunia. Tidak lebih dari sepersepuluh hidangan tersebut yang aku makan, namun aku sudah merasa kenyang”.

Diriwayatkan suatu ketika beliau lewat di hadapan seekor singa yang hendak memangsa seorang pemuda dan telah mematahkan kakinya. Sang Syaikh berteriak dan singa tersebut berbalik kepadanya dengan penuh kemarahan hendak menerkam beliau. Syaikh Uzzaz memungut sebutir batu sebesar kacang dan melemparkannya ke singa tersebut dan langsung tewas. Kemudian beliau mendatangi pemuda tersebut  dan menyapukan tangan beliau ke kaki yang patah. Seketika itu pula kaki tersebut sembuh…………

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s