Syaikh Muhammad Asy-Syanbaki

Syaikh Muhammad Asy-Syanbaki

Beliau sangat cerdas dan alim. Pada masanya beliaulah yang menjadi penghulu para wali. Hal tersebut diketahui ketika beliau diserahi tugas untuk mendidik para salik di Iraq dan menyelesaikan berbagai persoalan mereka. Dari tangannya terlahir ulama-ulama besar seperti Syaikh Abi Wafa, Sayikh Manshur, Syaikh Azzaz dan yang lainnya. Muridnya tidak terhitung, dan beliau mulai mengajar setelah gurunya Syaikh Abu Bakar meninggal dunia.

Beliau memiliki karakter yang lembut, berotak cerdas, rendah diri dan besar rasa malunya kepada Allah. Beliau sangat teguh dalam mengikuti syari’at dan adab sunnah RasuluLlah SAWW.

Sebelumnya beliau adalah seorang perampok. Suatu malam setelah merampok sebuah kafilah dekat kediaman Syaikh Ibnu Huwara membagi-bagikan hasil rampokannya. Sesampainya ia di zawiyah Syaikh Ibnu Huwara pada waktu sahur, dia berkata kepada teman-temannya, “Pergilah sesuka kalian. Sang Syaikh telah mengambil kalbuku”. Teman-temannya berkata, “Kami akan mengikutimu”. Saat itu juga mereka meninggalkan semua hasil rampokannya.

Pada saat yang sama Syaikh Abu Bakar bin Al-Huwara berkata kepada para muridnya, “Berdirilah kalian, kita akan menerima orang-orang yang diterima (taubatnya).” Lalu beliaupun keluar. Ketika Asy-Syanbaki dan teman-temannya melihat beliau, mereka berkata, “Tuanku, yang haram ada di perut kami, dan darah mengalir di pedang kami”. Sang Syaikh berkata, “Kesampingkan semua, Allah telah menerima taubat kalian”. Mereka semua bertaubat di tangan Syaikh Abu Bakar.

Setelah itu Syaikh Muhammad Asy-Syanbaki tetap berada di sana selama tiga hari untuk melayani sang Syaikh. Pada hari ke empat, Syaikh Abu Bakar berkata kepadanya, “Sekarang engkau telah dimahkotai dengan kesyaikhan”. Lalu beliau berkata kepada para muridnya, “Muhammad telah mencapai Allah dalam tiga hari”. Berkenaan dengan hal tersebut, Syaikh Asy-Syanbaki berkata, “Di hari pertama aku tinggalkan dunia, di hari ketiga aku serahkan diriku untuk akhirat, dan hari ketiga hanya Allah semata yang aku cari dan akupun menemukannya”.

Perkaranya masyhur di ufuk, tampak tanda kedekatannya kepada Allah dan karamah terus menerus dianugerahkan kepadanya. Doanya berkenan Allah menyembuhkan orang buta, yang terkena penyakit kusta, dan kegilaan serta diberkahi dalam hidup. Diriwayatkan suatu hari ketika beliau sedang duduk seorang diri di Bathaih,lewatlah sekitar 100 ekor burung yang kemudian turun mengelilinginya dan saling bercicitan. Sambil menegadahkan kepalanya ke langit beliau berkata, ”yaa Allah, mereka menggangguku”. Dan seketika itu pula burung tersebut mati. Kemudian beliau kembali berkata, “Yaa Allah Engkau lebih mengetahui bahwa aku tidak menghendaki kematian mereka”. Seketika itu pula burung-burung tersebut hidup kembali dan terbang.

Diriwayatkan suatu hari beliau melewati sekelompok orang yang sedang berpesta minuman keras. Beliau berdoa, “Tuhanku, baguskanlah kehidupan akhirat mereka”. Seketika itu minuman keras tersebut berubah menjadi air tawar yang jernih. Kemudian Allah mencampakkan rasa takut kepada mereka sampai mereka saling berteriak, merobek-robek baju serta merusak alat musik mereka dan bertobat di tangannya.

Di riwayat lain, seorang pria datang kepada beliau dan berkata, “jika engkau menghadap sang Raja, tanyakan aku.” Beliau menunduk beberapa saat kemudian mengangkat kepalanya dan berkata, “Aku telah tanyakan dirimu dan Dia berkata, ‘Dia adalah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya ia sangat taat kepada tuhannya (As-Shad 30). Malam ini dalam mimpimu RasuluLlah SAWW akan mengabarkan kepadamu tentang hal ini’”. Kemudian orang tersebut datang dang mengabarkan bahwa RasuluLlah SAWW datang dalam mimpinya dan berkata, “Benar apa yang dikatakan Syaikh Muhammad. Dia adalah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya ia amat taat (kepada Tuhannya).”

Syaikh Muhammad Asy-Syanbaki meninggal di Hadadiyah suatu tempat di dekat Bathaih,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s