Doa Wudhu


 


Doa Sebelum Wudhu
Allaahummagh firlii dzanbii wawasi’ lii fiidaari wabarik lii fii riqii.
Artinya:
“Ya Allah,ampunilah dosaku,lapangkanlah rumahku dan berkahilah riqziku”

• Do’a Ketika menggunakan air wudhu’

Allhamdulillahi ladzii ja’alal maa’a thohuuraa.
Artinya:
Segala puji bagi Allah Dzat yang telah menjadikan air suci”

• Do’a Niat Wudhu

Nawaitul wudhuu-a liraf’il hadatsil asghari fardhan lillaahi ta’la
Artinya:
”Saya berniat wudhu’untuk membersihkan dari hadas kecil sebagai kewajiban karena Allah Yang Maha Tinggi”

• Do’a Ketika Mencuci Kedua Tangan

Allaahumma innii as-alukal yumnaa wal barokaata wa-andzubika minas syu’mi wal halakah.
Artinya:
”Wahai Tuhanku,Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan ibadah dan keberkahan,dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan dan kebinasaan.

• Do’a Ketika Berkumur

Allaahumma asqinii min haudi Nabiyyika Muhammadin shallallaahu ’alaihi wasallama ka’san azhma’u ba’dahu abadan.
Artinya:
”Wahai Tuhanku,beri minumlah aku dari air telaga Nabi-Mu Nuhammad Saw.Satu gelas yang tidak akan haus buat selama-lamanya.”

• Do’a Ketika Menghirup Air

Allaahumma arrihni raa-ihatal jannati
Artinya:
” YaTuhanku,wewangian syurga.”

• Do’a Ketika Membasuh Tangan Kanan

Allaahumma a’yinii kitaabii biyaminii waahaasibnii hisaabaan yasiiraa.
Artinya:
” Ya Tuhanku,berilah aku kitab (catatan amalku) dari arah tangan kananku dan hisabilah aku dengan mudah (yaitu tidak berbelit-belit).”

• Do’a Ketika Membasuh Tangan Kiri.

Allaahumma laatu’thinil kitaabiii bi syimaalii wa laa min waraa-i dhahri
Artinya:
” YA Tuhanku janganlah Engkau berikan kitab (catatan amal) ku dari arah kiriku dan jaganlah pula dari arah belakangku.”

• Do’a Ketika Membasuh Telinga

Allaahumma isma’nii munaadiyal jannati fil jannati ma’al abraari.
Artinya:
”Ya Allah ya Tuhanku,dengarkanlah kepadaku suara pemangil syurga bersama orang-orang yang berbakti.”

• Do,a Menghusap Kepala.

Allaahumma harrim sya’rii ’alan naari wazhillanii tahta ’arsika yauma laazhilla illaa zhilluka.
Artinya:
” Yaa Allah ya Tuhanku,haramkanlah rambutku dan kulitku dari sengatan api neraka,dan naungilah aku di bawah arsy-Mu pada hari tiada naungan kecuali hanya naungan-Mu.”

• Do’a Membasuh Kaki Kanan.

Allaahumma tsabbit qadamii ’alaash shiraatill mustaqiimi ma’a aqdaani ibaadikashaalihiin.
Artinya:
”Yaa Allah,yaa Tuhanku,tetapkanlah tumuitku diatas titian yang lurus bersama tumit hamba-hamba-Mu yang shaleh.”

• Do’a Membasuh Kaki Kiri.

Allaahumma inni aa’udzubika antazilla qadamii ’alaa shiraati fiin naari yauma tazilla maaqdamul kaafiriina wal munaafiqiin.
Artinya:
”Yaa Allah yaa Tuhanku,sesungguhnya aku-berlindung kepada-Mu dari keterpelesetan tumuitku dari atas jalan neraka,pada hari dikala terpeleset tumit orang-orang kafir dan orang-orang munafiq.”

• Do’a Setelah Selesai Wudhu.

Asysy hadu an laa illaaha illallaah wah dahulaa syarikalah waasyhadu anna muhammadan ’abduhuu wa rarasuuluhuallaahum maj ’alnii minat tawaabiina waj’alnii minal mutathahhitiina waj:alnii min ’ibaadikash shaalihiin.
Artinya:
”Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Satu-satu-Nya,tiada sekutu bagi-Nya Dan Saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya.Yaa Allah,jadikanlah saya termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang suci dan jadikanlah saya termasuk orang-orang yang shalih.”

62 thoughts on “Doa Wudhu”

  1. Ass.
    Kadang bacaan wudlu jarang dibaca hanya pas niatnya aja. Jadi harus dihapal kembali do’a-do’anya, kalo boleh saya ingin dengan tulisan arabnya.
    Thxz

  2. assalamualaikum wr wb.
    ma`af saudaraku…
    tulisan lafadz bacaannya banyak yang salah…
    mohon di betulin..biar pembaca bisa mengamalkan dngn benar.
    terima kasih.
    wassalam…

  3. during school we were only taught the doa berwud’hu. meaning only one doa during taking the wud’hu. is that alright? i didn’t even knew there’re doa to every single thing..

  4. Assalamualaikum. Bagus juga diamalkan doa-doa yang terperinci/detail ketika berwuduk dan lain-lain amalan. Tapi itu di ketika kita mempunyai masa lapang yang banyak. Jika sudah sibuk dengan urusan kerja, solat pun mungkin buat yang wajib saja(bacaan yang wajib saja). Dalam keadaan yang sedemikian, terfikirlah di hati nak menambahkan mana-mana yang kurang pada hari lain, di ketika ada masa yang terluang.

  5. Ass. .maaf sblmnya sya mau nanya, klo misalkan abis wudhu kita brsentuhan dengan kulit ibu kita , itu batal gak yah? trma ksih

  6. . assaLamu’aLaikum wr.wb .
    . terimakasii atas bantuannya …
    . jujur saya krang bgitu hfaL do’a* wudhu ..
    . hehe ..

  7. Ass Wr Wb. mohon dijelaskan secara lengkap doa wudhu dan hadistnya, dan hukumnya bagaimana bila membaca lengkap atau tidak lengkap

  8. ass..wr.wb..
    wah ternyata banyak jg ya.. udah lupa wkt dulu di suryalaya tasik :D
    maaf..maaf.. sekarang mulai inget2 lg deh..
    thanks ya, br ketemu skr nih web TQ nih..
    wassalam.

  9. Asalamualaikum………. begitu ada kabar tentang kiamat q jd tkt mulai sekarang insa ALLAh aku akan giat lg mendekatkan diri kepada ALLAH SWT dan terima kasih buat QODIRIYAH yg udh nyedia’in doa2 wudhu

  10. as wr.wb. apakah ad hadits yang mengatakan klw wudhu mesti membaca
    contoh nya:Nawaitul wudhuu-a liraf’il hadatsil asghari fardhan lillaahi ta’la..
    klw ad mn hadits nya ……..

  11. kok yang doa untuk bagian membasuh wajah tidak ada???

    kalo temen2 mau tau bahasa arab doa wudhu pada tiap2 bagian, coba lihat kitab “maslakul akhyar”. dulu waktu saya pesantren saya pakai kitab itu untuk belajar adab berwudhu, cuma saya lupa bacaan tersebut dan tidak menemukan lagi kitab saya itu. kalo kalian mau mencari kitab itu, kalian bisa pinjam kitab itu sama anak2 pondok pesantren. mereka pasti pake kitab itu. kitabnya tipis dan kecil (tidak terlalu kecil)

    thankz…semoga bermanfaat

  12. iya, betul…doa2 itu semua ada di kitab maslakul akhyar. beli di toko kitab2 juga bisa. kalo kalian gak tau toko kitabnya dimana, gw tau di sekitar kampus UIN Syarif Hidayatullah tuh banyak banget toko kitab. mungkin disana kalian bisa menemukannya. kalo dulu sih gw pinjem sama sodara gw yang mondok di pesantren.

    selamat memperbaiki adab berwudhu kita.

  13. Asalamualaikum… saya baru belajar, mohon bimbingannya!
    sepertinya saya kesulitan menghafal doa2 tersebut, adakah dalil2 tentang doa tersebut, mohon bantuan agar share tata cara wudlu beserta dalil2nya sesuai sunnah Rosul agar sy lebih mantab menjalankannya. terimakasih.
    wasalamualaikum

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jalan Keselamatan Menuju Kepada Allah Swt

Hanni's Eyes

It's good fun, this life thing.

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 278 other followers

%d bloggers like this: